PROPOSAL APLIKASI


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan tugas proposal yaitu konsep ide produk kreatif yang berjudul “ aplikasi skripsi online”
Tugas  ini berisikan tentang pendahuluan, konsep ide produk kreatif, fitur dari aplikasi tersebut, desain mock up, arsitektur teknologi , waktu pengerjaan , team developer,dan contact person
Dalam penyusunan tugas penulisan ilmiah ini tidak lepas dari dari bantuan banyak pihak maka pada kesempatan ini penulis  ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih pada sumber-sumber yang penulis dapatkan dari internet, yang penulisn dapat jadikan referensi dalam penulisan proposal.

Penulis  menyadari bahwa tugas penulisan proposal  ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan proposal ini. Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  dalam penyusunan penulisan proposal ini.


Depok, 13 September 2017



Ahmad Reza Fahlevi 


BAB I
Pendahuluan

1.1. Latar Belakang
Kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam bidang informasi, memberikan kemudahan bagi manusia untuk memudah kan para mahasiswa untuk mencapai kelulusan dalam tahap skripsi  secara instan .  Aplikasi memberikan layanan yang sangat efisien dan baik dalam hal teknologi informasi. Karena cukup banyak diminati bagi para pelajar maupun mahasiswa.
      Dalam banyaknya permintaan untuk meminta dibuatkan skripsi, penulis mencoba membuat aplikasi skripsi online , dimana aplikasi ini memudahkan para mahasiswa untuk mencapai kelulusannya secara instan

1.2. Batasan Masalah 
Pada aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para mahasiswa untuk dikerjakan skripsinya oleh orang lain , tapi untuk mencarikan seorang yang mengerjakan skripsi ini penulis  kesulitan mencarikan orang tersebut karena masih minim orang yang bisa mengerjakan skripsi tersebut.

1.3. Tujuan Penulisan
-          Memberikan kemudahan bagi user untuk memperoleh kelulusan dalam mengerjakan skripsi
-          Aplikasi ini berguna sebagai fasilitas untuk mahasiswa malas yang ingin lulus

Fitur
Adapun fitur-fitur yang meliputi aplikasi ini adalah sebagai berikut
1.      Memiliki fitur log in dan sign up
2.      Pelanggan bisa memilih judul skripsinya sendiri
3.      Pelanggan bisa langsung menghubungi admin dengan nama fitur chat with admin
4.      Kita bisa juga meminta hasil report ke admin untuk melihat hasil kerja skripsinya langsung
5.      Pembayaran bisa melalui via transfer bank atau pun membayar langsung

Desain Mockup





Bab III
Arsitektur teknologi

1.      Arsitektur perusahaan (enterprise architecture). Seorang arsitek perusahaan berfokus pada pemetaan kemampuan-kemampuan teknologi informasi dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis. Arsitek bertanggung  jawab  terhadap keseluruhan  sistem  intensif  perangkat  lunak perusahaan, termasuk hubungan di antara berbagai aplikasi, berbagi data di antara aplikasi,  integrasi dari aplikasi, dan infrastruktur untuk menjalankan aplikasi tersebut.
2.      Arsitektur aplikasi (application architecture). Arsitek  aplikasi  berfokus  pada  desain aplikasi  untuk mengotomatisasikan proses  bisnis  dan menyediakan  fungsionalitas  yang  membantu pengguna untuk melakukan  pekerjaan  bisnis.  Tanggung jawab  arsitek meliputi merancang aplikasi  untuk memenuhi  kebutuhan fungsional  pengguna  dan keperluan  kualitas  pelayanan yang meliputi  performansi  (performance), ketersediaan (availability),skalabilitas (scalability), keamanan (security), dan integritas  (integrity).  Tanggung jawab  juga  meliputi  mengevaluasi  dan memilih  perangkat  lunak dan  perangkat  keras  yang dibutuhkan  untuk menjalankan aplikasi, termasuk perangkat dan metodologi           untuk mengembangkan aplikasi.
3.      Arsitektur informasi (information architecture). Arsitek informasi  berfokus  pada  data  yang digunakan berbagai  aplikasi, termasuk struktur,  integritas,  keamanan,  dan  kemampuan akses dari data. Tanggung jawab  arsitek meliputi merancang,  membangun,  menguji, menginstalasi,  menjalankan,  dan  memelihara  sistem  untuk mengelola  data tersebut.  Desain  dari  sistem  tersebut  harus  memperhitungkan  keperluan  data dari sisi sumber, lokasi, integritas, ketersediaan, performansi, dan usia data.
4.      Arsitektur infrastruktur (infrastructure architecture). Arsitek infrastruktur  berfokus  pada  rancangan dari  perangkat  keras  dan perangkat  lunak server yang meliputi  komputer  server,  media  penyimpanan, workstation, middleware,  perangkat  lunak non  aplikasi,  jaringan,  serta fasilitas-fasilitas fisik yang mendukung aplikasi dan proses-proses bisnis yang dibutuhkan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pengevaluasian dan pemilihan komponen-komponen tersebut, memodelkan,  mensimulasikan, dan menguji  untuk menvalidasi  rancangan  dan  produk yang dipilih;  serta performansi, ketersediaan, dan skalabilitas infrastruktur yang dihasilkan.
5.      Arsitektur integrasi (integration architecture). Arsitek integrasi berfokus pada rancangan solusi yang memungkinkan aplikasi saat ini, penawaran paket perangkat lunak, jaringan, dan sistem-sistem bekerja bersama  di  dalam  maupun di  antara  organisasi.  Solusi  tersebut  boleh menggunakan  teknologi,  vendor,  platform,  maupun  gaya  pemrograman  yang berbeda.
6.      Arsitektur operasi (operation architecture). Arsitek operasi berfokus pada rancangan solusi untuk mengelola infrastruktur dan  aplikasi  yang  digunakan  perusahaan.  Tanggung jawab  arsitek meliputi pendefinisian rencana, strategi, dan arsitektur untuk instalasi, operasi, migrasi, dan tata kelola dari sistem informasi yang kompleks



 Bab IV
Time Schedule
Pelaksanaan
Lama Pengerjaan
Konsep Ide Aplikasi
1 Hari
Design Mockup
2 Hari
Database
2 Hari
Penyempurnaan Aplikasi
10 Hari
Pembuatan API
1 Minggu

Team Engineer
Tugas
Pekerja
API Designer
M.NurFikri
Database Engineer
M.NurFikri
BackEnd Developer
Rafli Ananda Kusuma
FrontEnd Developer
Reza Fahlevi
Mobile Developer
Reza Fahlevi

Contact Person
Nama
No.Telepon / Gmail
Rafli Ananda Kusuma
081298073386 /
Rafli.ananda1183@gmail.com
Ahmad Reza Fahlevi
087769344958 /
reza28fahlevi@gmail.com
M.NurFikri
085773912327 /
Muhamadnurfikri2412@gmail.com


Bab V
Penutup

Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa konsep dan tujuan dari lingkungan sekitar . Tahap yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah perancangan. Karena dalam membuat aplikasi ini di perlukan desain untuk mendukung aplikasi ini agar dapat menarik pada saat user melihat maupun menggunakannya. kira mohon maaf jika dalam pembuatan proposal ini belum mencapai kata sempurna saya ucapkan terima kasih .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGAKTIFKAN GPU ATAU VGA DI ADOBE PREMIERE PRO CS6

Strong Entity dan Weak Entity

Mapping Cardinality (one to one, one to many, many to many)